Selasa, 23 April 2013

Welcoming Our First Lady.. (part one) :)

Waaaawwwww.... udah 2 tahun lebih gak ngupdate blog.. muahahahahhaha.. maapkan saya ya permirsa.. (walau gak tau ada yang baca apa kagak..  pede ajah laah *pasang kacamata item hehehe..) Semenjak hamil masuk bulan ke-9 sampai sekarang anak udah umur 2 tahun emang penuh dengan adaptasi lagi.. Maklum, anak pertama, jadi pengalaman serba baru menjadi seorang ibu. Tapi hari ini aku mau cerita detik-detik melahirkan anakku, my First Lady, Ledisa Kintami Anhebra Djalil.. a.k.a DISA....

Jadi, kehamilanku ini HPL-nya jatuh pada tanggal 9 Februari 2011. Pada tanggal segituh, usia kandunganku tepat berumur 40 minggu. Yaaa namanya juga HPL yaa.. Hari Perkiraan Lahir.. yaa berarti cuma kira-kira. Setau ku, kebanyakan lahiran normal itu tidak jauh-jauh dari HPL nya (kecuali, prematur ya.. itu beda lagi). Kelahiran "sudah waktunya" itu terhitung dari minggu ke 38 sampai ke minggu 42. Tapi tetap dilihat kondisinya, apakah kondisi janin masih bagus, air ketuban masih dlm batas aman, dan sebagainya.

In my case.. memasuki minggu ke 38, si jabang bayi belum menunjukkan tanda-tanda mau keluar, even kontraksi palsu pun aku gak rasain. That's why minggu segitu masih aktif ngantor walaupun kaki udah bengkak-bengkak. Abis sayang cuti, mau ngepasin ajah biar puas cuti 3 bln ngurus baby hehehe.. Masuk ke minggu 39 juga gituh, pas cek ke dokter kandungan ditanya udah pernah ngerasa kontraksi, or flek, or ketuban rembes? and i said NO.. tapi kaki tetep bengkak, akhirnya dokter ribut suruh buru-buru cuti ajah. Istirahat dirumah, kalo mau jalan disuruh jalan di sekitar rumah ajah..Akhirnya tanggal 4 Februari 2011 mulai cuti. Tanggal 5 nya jadwal cek ke obygn. Ditanya lagi udah pernah ngerasa kontraksi belum? still i said NO. Kemudian kondisi baby di cek, semua masih Ok. Disuruh lah kita sering-sering berhubungan pasutri hehehe, katanya itu ampuh jadi induksi alami dan bikin kontraksi. Kalo sampe waktu HPL 9 Februari 2011 belum ada tanda-tanda satupun, tanggal 10 februarinya disuruh balik.dan bener ajah, sampe tgl 9 februari, si jabang bayi belum ada tanda-tanda mau keluar. Tanggal 10 pun kita balik lagi nemuin dr. Kemal di RSIA Tambak.

Nyampe rumah sakit sekitar jam 18.30 wib. Truz ketemu sama ibu-ibu yang sama-sama ikut seminar pelatihan merawat anak di RSIA Tambak. Inget banget waktu di seminar itu, tuh ibu usia kandungannya gak beda jauh sama aku. Tapi kok perutnya gak segeda waktu itu.. dan ternyata sodara-sodara dari belakang muncul suami dan ibunya yang sedang
menggendong bayi mungil. Oalaaaa... dia udah lahiran.. Aku menatap dengan iri sambil nyenggol2 suamiku untuk ngasih tau dia biar liat pemandangan itu.. Suami ku cuman bisa senyum dan bilang "Sabar.. bentar lagi juga keluar.. ya dek yaa.." sambil ngomong ke arah perut ku. Tatapanku gak lepas dari mereka, melihat gerak gerik mereka.. ingin rasanya menegur tapi sungkan. Sampai akhirnya dipanggil lah namaku untuk masuk ke ruang periksa. Di dalem seperti biasa dr. Kemal nanya lagi.. "Gimana bu.. udah ada kontraksi atau flek?" dan masih juga aku jawab "Belum dok" sambil liat tanggalan dr. Kemal bilang "waah udah lewat sehari dari HPL yaa, yaudah yuk kita cek kondisinya" Setelah di cek kondisi si jabang bayi sudah oke, sudah masuk jalan lahir, posisi oke alias tidak sunsang, tapi air ketuban sudah menipis. Dari hasil pemeriksaan itu akhirnya diputuskan untuk ambil jalan induksi pada tanggal 15 Februari 2011 jika tidak ada tanda-tanda kontraksi juga. Seketika itu aku deg-deg an.. waduh tanggal 15 Februari aku akan punya anak.. Antara siap gak siap.. Padahal pengen cepet-cepet lahir tapi pas tau beneran mau lahir malah merasa gak siap.. (dasar manusia! :p) Eniwei setelah selesai di USG aku membereskan pakaianku dan mendengar percakapan dr. Kemal dengan suamiku. "Pak, besok saya mau cuti, kalo ternyata ada kontraksi atau apa saya sudah siapkan dokter pengganti saya namanya dr. Surahman. Orangnya enak juga kok, tenang saja." waduuuuh.. saya yang denger berasa gak rela di tinggal dr. Kemal. Denger-denger selentingan kalo pake dokter pengganti pas proses persalinan itu suka adaaaa ajah masalahnya. Mungkin gak semuanya sih, tapi daripada gambling.. Aku lebih milih dokter sehari-hari yang nanganin aku deh.. daripada dokter pengganti :(

Nyampe di rumah seperti biasa. Beres2 dikit, truz ganti baju buat bobo. Sampe di atas kasur, gak lupa ngajak ngobrol si jabang bayi dalam perut "Dek, cepet keluar yaa.. dan bantu ibu supaya kamu keluarnya cepat dan normal. Tapi jangan cepat-cepat banget, pokoknya ibu sampe rumah sakit, adek baru keluar yaa" Selalu itu yang aku tekankan. Karena rumahku di Pondok Gede dan rencana melahirkan di RSIA Tambak jaraknya gak dekat, selalu pesan ini yang aku tekankan ke si jabang bayi. Tak lupa juga berdoa kepada Allah SWT supaya dimudahkan proses melahirkannya dan tidak membuat khawatir keluarga dan suamiku. Tak lama setelah itu aku dan suami tidur karena besok suami masih harus kerja.

11 Februari 2011 pukul 3 dini hari, aku terbangun karena kebelet pipis. Menjelang hamil tua, bangun tengah malam untuk pipis itu sudah menjadi rutinitas yang wajar. Tapi setelah aku pipis, aku gak bisa tidur lagi. Perutku mulai terasa gak enak, mulai terasa mulas plus nyeri. Duh kenapa ya ini.. Seketika itu mataku jadi segar lagi. Gak lama mulasnya hilang, tapi karena ngantuknya ilang akhirnya buka bb deh ngecek timeline twitter. Lagi asik2 ngecek eh tuh rasa nyeri di perut muncul lagi.. duuh kenapa yaa.. aku berusaha rileks.. Tiba-tiba saja terlintas dipikiran ku.. eh jangan-jangan ini kontraksi lagi.. Soalnya kan aku gak tau yang namanya kontraksi kayak gimana sebenernya (maklum anak pertama). Tapi ini kontraksi asli apa palsu yaa, biasanya orang hamil kan mengalami Kontraksi Palsu atau nama kerennya Braxton Hiks.  Makinlah aku gak bisa tidur, tapi mau bangunin suami juga gak tega. Akhirnya berbekal blackberry saya browsing tentang perbedaan kontraksi asli dan palsu. Udah pernah baca sih sekilas-sekilas tapi buat make sure lagi aku pun nanya mbah gugel. Sambil inisiatip mulai itungin interval antara kontraksi yang satu dengan yang berikutnya. Masih sempet-sempetnya cari kertas kosong, pensil or pulpen sama pake timer watch di hp nokia.

Setelah diitung.. woooow... intervalnya deket banget cyyiin.. pasti setiap 5 menit skali aku kontraksi selama 1 menit atau 2 menit. Aku pun cek ke website yang aku temuin (link nya udah lupa, tapi search ajah di mbah gugel pasti infonya udah banyak kok). Ternyata sodara-sodara dengan interval seteratur itu, sudah dipastikan itu adalah kontraksi asli dan kemungkinan sudah mulai pembukaan. Dan dengan jarak interval seperti itu menunjukkan bahwa pembukaannya sudah 5 ke atas looh.. Okay, kayaknya saya beneran kontraksi nih.. tapi karena masih gak percaya saya masih ajah asik itungin interval kontraksi sambil berusaha menenangkan diri dengan ngecek timeline twitter. Pas banget ada temen yang nge-tweet "1102|2011 mirror date". Aku pun berpikir, kalo benar kontraksi ini asli dan aku melahirkan hari ini lucu juga yaa.. Tapi kan ada juga yang udah kontraksi tapi melahirkannya masih 2 hari.. Yaa sudah, aku konsen lagi sama itungan kontraksi ku ini.

Waktu menunjukkan pukul 5 pagi dan sejak dari jam 3 pagi sampai jam 5 pagi itu jarak kontraksi ku tetap teratur dan tetap ada. Rasa kontraksinya itu mirip banget saat kita mulas nyeri haid. Setiap kontraksi datang saya atur napas seperti yang diinstruksikan pelatih senam hamil ku. Sampai akhirnya kedengar adzan subuh, akhirnya saya bangunkan suamiku untuk sholat subuh sekalian menyampaikan berita besarnya. "Ndul, kayaknya aku kontraksi deh" eng.. ing.. eng...!! :) Sekejap itu dia langsung melek dan bangun. Dia kabarin dr. Kemal untuk bertanya apa yang harus kita lakukan, maksudnya apa benar langsung segera kerumah sakit atau masih nunggu ajah atau bagaiamana, dr. Kemal agak lama balesnya, wah jangan-jangan dia udah cuti dan berangkat liburan, sambil nunggu kabar yasudahlah kita siap-siap ajah. Bram sholat kemudian mandi dan mengambil tas persiapan persalinan yang udah ready. Sekalian bangunin mama papaku (kita masih tinggal bareng :p) dan mamaku pun bersiap-siap untuk ikut ke rumah sakit. Gak lama kemudian dr. Kemal bales dan menyuruh kita untuk segera saja ke rumah sakit. Skitar jam 7an kita siap berangkat, kontraksi masih rutin berlangsung, eh ud dijalan baru inget handycam ketinggalan. Maksudnya mau ngerekam moment kelahiran nih... Hehe.. Ini untung banget sakit kontraksi msh bisa ditahan, jadi mobil kita parkir di tepi jalan dan minta kakak perempuanku buat ambil handycam dan nyamperin mobil kita. Untung juga ingetnya pas belum jauh. Gak lama kakakku sampai dan kita langsung jalan ke rumah sakit.

Anyway.. Kayaknya panjang amet nih cerita... Hehehe lanjut ke posting berikutnya aja ya biar seru... Wakakak... (mksudnya sih mau istirahat ngetik :p)

Ok..ok.. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar