Selasa, 30 April 2013

Welcoming Our First Lady.. (part two) :)

I'm back... hehehe.. Okay deh langsung lanjut yaa....

Bram berusaha menyetir mobil dengan tenang, sedangkan mama sepanjang jalan berdoa. Aku terus fokus dengan kontraksi dan tak lupa tetap membujuk dede bayi di perut agar bantu proses persalinan dengan lancar. Berhubung hari itu hari jumat, pagi pulak... Jadinya jalanan rame banget karena barengan sama orang kerja. Kena macet dikit-dikit, tapi alhamdulillah ga dapet yg macet stuck.. Bram sempet salah ambil jalan, tapi truz dia langsung ganti arah walau sebenernya itu gak boleh, hihihi.. Katanya "Biarin kalo mau tilang, tilang ajah. Mau diambil simnya juga ambil ajah. Yang penting kamu bisa cepet nyampe rumah sakit" hehehe.. Untung emang gada polisi sih.. Jadi aman-aman ajah. Di sepanjang perjalanan, kontraksi juga masih rutin kerasa tiap 5 menit sekali. Mamaku sampe ngasih selampe yg diiket kenceng truz suruh aku pegang... Nah kalo yg ini biasa deh petuah orang tua jaman dulu. Katanya biar ga brojol dijalan.. Tapi namanya lagi kontraksi yaaa diikutin ajah lah.. Gak mungkin berdebat juga kan... :p

Nyampe pelataran depan Rsia Tambak, langsung ngucap syukur.. Bisa juga dari pondok gede ke manggarai nyampe dengan selamat. Mama nyuruh aku lepas selampenya.. Truz di resepsionis kayaknya udah ditungguin, mungkin dr. Kemal udah ngasih tau pihak rumah sakit kali ya, suster udah siap sama kursi roda untuk dibawa ke ruang observasi. Bram ngisi administrasi yang diperlukan, mama ngikut nganter ke dalam ruang observasi. Saat itu kontraksinya mulai 'gak asik', tapi masih bisa ketahan. Pokoknya setiap kontraksi dateng, aku hanya berusaha mengatur nafas ketimbang teriak kesakitan. Ini sesuai dengan anjuran bidan yang selalu bawel mengingatkan sepanjang senam hamil waktu itu. "Ingat ya ibu-ibu.. Teriak-teriak hanya menghabiskan tenaga, jadi ketika kontraksi datang langsung atur nafas dengan menghirup nafas dari hidung lalu membuangnya dari mulut. Jadi pas tiba waktunya melahirkan, tenaga ibu belum habis". Dan tampaknya saran bidan itu berhasil pada diriku (^^).

Nyampe ruang observasi itu, suster ngecek pembukaan. Dan ternyata sodara-sodaraaa.. Uda pembukaan 7 aja cyinnnn... Langsung lah disuruh ganti baju dan langsung masuk ruang persalinan.. Pas tau udah langsung siap buat melahirkan langsung agak2 deg2an.. Tapi berhubung kontraksi makin kesini makin sakit, udah deh di otak cuma kepikiran gimana caranya kuat nahan kontraksi yg makin super sakit.. Dari ngatur napasnya bisa pelan-pelan sampe akhirnya makin cepet karena sakitnya makin naudzubillah min dzalik... Sampe akhirnya tasbih, istighfar,  takbir, semua kesebut. Setiap kontraksi dateng, aku meremas tangan Bram suamiku. Ketika dia harus keluar untuk mengurus administrasinya lagi, aku memanggil suster untuk mendekat dan aku pinjem tangannya untuk diremas hehehe.. ^^ Suster di Rsia Tambak so far sangat membantu dan baik-baik. Mereka tetap kasih semangat sambil mengingatkan untuk terus bersabar. Oh ya selama menunggu pembukaan ini, dr. Kemal belum kunjung tiba loh, sambil nahan sakit sesekali saya mendengar mama mertuaku bertanya mana dokternya dan dijawab sm suster klo dokternya lagi otw dari RSCM krn disana juga sedang tindakan. Wuiih gimana nih kalo ud waktunya dokter belum kunjung tiba... Tapi saya hanya berfokus pada kontraksi dan pasrah sama Allah SWT saja. Percaya bahwa semua sudah ada jalannya, sudah ditentukan bagaimana cara terbaiknya. Buktinya jalan dari Pondok Gede ke Manggarai bisa sampai dengan selamat tanpa kendala tertentu. Benar saja kan mendekati pembukaan sempurna dr. Kemal datang, dan gak lama kemudian aku sudah pembukaan 10. Eng ing eng... Ini diaa... Suster menyuruh saya kembali ke posisi telentang, kaki dibuka. Dalam hati, oh Thanks God, akhirnya boleh mengejan juga, karena menahan sesuatu yg sudah mau keluar diujung itu sungguh bikin senewen. Dokter Kemal masuk dan memberi semangat kepadaku, suster pun mulai banyak berkumpul untuk membantu persalinan. Suasana sekejap menjadi ramai, suster memberi instruksi juga suara dr. Kemal memberi arahan dicampur suara ku mengejan dan akhirnyaaaaaaa.....

Oe oe oe... Lahirlah bayi perempuan mungil dengan tangisan yang keras bernama Ledisa Kintami Anhebra Djalil a.k.a Disa. Beratnya 2,640 gram dan panjangnya 48cm. She's so tiny but the eyes... So beautiful.., :)

Setelah dilakukan tindakan seperlunya, Disa ditaruh ke dadaku untuk menjalani IMD. Nah, disini aku rada kecewa sama rsia Tambak karena aku tidak mendapatkan full IMD. Suster menaruh Disa langsung disekitar dadaku dan sempat membantu mengarahkan ke area puting, ditambah IMD hanya berlangsung slama 20 menit saja itupun karena dr. Kemal sambil menjahit bagian bawah sana. Jadi setelah jahit selesai, IMD pun selesai. Yaaa aku maklumin sih mungkin dr. Kemal agak terburu2 karena memang sudah waktunya dia untuk ke bandara. Seperti cerita saya di bagian satu, hari itu memang dia sudah rencana liburan sm keluarganya ke Bali. Istri dan anak2nya pun sudah ada di bandara. Belakangan saya baru mengetahui bahwa IMD yg hanya berlangsung kurang dari 1 jam tidak bisa disebut IMD. Hmmm.. Salahku juga sih tidak "memaksa" kan hak ku, karena meminta prosedur IMD itu ternyata hak pasien loh. Kemaren itu, aku terlalu fokus mencari dokter yg percaya aku bisa normal dan mencari rumah sakit yang mendukung ASI eksklusif. Waktu itu concern ku lebih ke situ, dan tidak memahami betul IMD yg benar seperti apa. Ya sudahlah.. Yg penting aku dan Disa selamat. Tapi lain kali IMD secara baik dan benar, it's a MUST!!! (^^) v

Btw, waktu dr. Kemal ngejait bagian bawah situ sambil IMD, aku gak ngaruh tuh dengan pengalihan melihat anakku pertama kali merayap di dada. Entah kenapa berasa loh "dijait"nya :p gak sakit banget sih, sakit 'aja'... Hehehe... Tapi berasaa.. Dan katanya robeknya agak panjang karena aku sempet angkat pinggul ketika mengejan.. Padahal aku tahu banget gak boleh naik pinggulnya saat proses melahirkan berlangsung. Ngangkat pinggul saat itu refleks begitu saja... Nah kalo yang ini konon kata temenku, ini karena tanganku pegangan ke atas kasur bukan samping kasur. Hmmm... Ntar kalo bakal ngalamin lagi mudah2an inget untuk pegangan samping hehe.. Truz kata temenku yang lain, terkadang setelah melahirkan kita akan merasakan kedinginan terutama bagian kaki, jadi kemaren disaranin bawa kaos kaki sendiri buat ngangetin. Tapi aku lupa hihi.. Untung susternya tanggap setelah aku bilang kedinginan, dikasih selimut, ac dikecilin truz bagian kaki disinarin langsung pake lampu kuning. Soalnya ada rumah sakit yang suka cuek aj kata temenku itu, dan itu terjadi pada temennya sewaktu melahirkan di rsia bilangan jakarta timur.

Oh ya satu lagi kejadian lucu agak2 bodoh menyeramkan ketika proses persalinan. Sewaktu di ruang observasi, kita akan ditanya macem2 oleh suster, termasuk bertanya apa ada pendarahan sebelumnya. Saat itu yg namanya pendarahan di otakku itu berarti darah yg keluar dari vagina, misalnya kayak flek-flek gtu. Karena gak pernah ada gitu2an jadinya aku bilang gak ada. Setelah selesai persalinan ditanya lagi sama susternya
"ibu yakin gak ada pendarahan sebelumnya?"
"yakin sus, emangnya kenapa sus?"
"soalnya hb ibu ngedrop banget"
"ooh gtu ya sus" aku cuma bisa melongo lemes sambil mikir.. Waduuh kenapa yaa.. Susternya masih aj kebingungan, sampe akhirnya aku inget bahwa 2hari sebelumnya aku ngalamin mimisan tapi cuma sebentar. Akupun bertanya sama suster yang saat itu lagi beres2 ruang persalinan
"sus, kalo mimisan termasuk pendarahan gak?"
"ibu pernah mimisan?"
"pernah, 2 hari yang lalu"
"oalaa bu, sebentar saya kasih tau dulu"
Ternyata saudara-saudara, pendarahan itu maksudnya ya keluar darah dari manapun tidak harus dari vagina. Suster yang tadi bertanya tentang pendarahan masuk lagi
"ibu kenapa gak bilang kalo pernah mimisan? Kan sebelum persalinan saya udah nanya ada pendarahan apa enggak"
"Yah sus, saya pikir pendarahan itu mksdnya yg keluar dari bawah. Saya gak ngerti klo mimisan termasuk juga. Kemaren mau ngasih tau dr. Kemal tp lupa,"
"Ya sudah, saya segera beritahukan dr. Kemal dulu"
Nah.. Konon katanya ada pendarahan sebelum persalinan itu harus diketahui tenaga kesehatan yang menangani. Salah penanganan bisa berakibat fatal. Mungkin karena kemaren pendarahan yg saya alami cuma mimisan dan sedikit pula jadi gak terlalu masalah.. Eh tapi ini cuma sotoy2an aku ajah sih mau lebih jelasnya jangan lupa googling or tanya dokter kandungannya langsung yaaa... ;)

Fiuuh akhirnya kelar juga ceritanya hehe.. Semoga ada manfaatnya yaa.. Overall, rsia Tambak dan dr. Kemal saya kasih nilai 8.. Saya puas sama pelayanan mereka, lebih kurangnya juga karena saya masih minim ilmu.. Tapi tampaknya terjamin jika ingin asi eksklusif. Disa alhamdulillah berhasil asi sampai sekarang 27 bulan dan sedang berusaha menyapih dengan cinta. Doakan saya ya,,, (^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar